Penuaan Dini Penyebab Dan Gejalanya

Penuaan Dini Penyebab dan Gejalanya

penuaan dini gejala dan penyebabnya

Setiap orang tentunya ingin tampil tampan dan cantik, terutama wanita. Menjadi cantik merupakan idaman bagi setiap wanita yang senantiasa menginginkan dirinya agar tetap menarik dengan rambut yang berkilau, wajah cantik berseri, bersih, alis proporsional, mata yang bening dan sehat, payudara yang kencang berisi, pinggang yang ramping, tangan dan kaki yang bersih dengan kuku-kuku yang bersih hingga betis yang indah. Namun terkadang semua itu terasa kurang jika tak disertai dengan kulit putih , halus dan mulus.

Oleh karena hal itulah, maka tak heran jika wanita terkesan lebih ‘ribet’ dalam hal perawatan penampilan dibandingkan dengan laki-laki. Wanita cenderung memperhatikan cara merawat satu bagian tubuh, mulai satu bagian hingga bagian lainnya. Bagi tipe wanita yang sering melakukan perawatan di salon tentunya sudah hafal salon-salon manakah yang cocok dan tidak bagi dirinya. Mereka cenderung akan tahu lebih dari satu salon yang menurutnya bagus meskipun terkadang biaya perawatan untuk sebuah kunjungan ke salon kecantikan dan perawatan tidaklah murah.

Bagi anda yang memiliki uang yang terbatas untuk perawatan mahal tak perlu berkecil hati karena dengan anggaran yang murah pun, perawatan tubuh dapat dilakukan secara alami dan sehat dengan memanfaatkan bahan-bahan yang sudah ada disekitar kita. Hasil yang dicapai pun tidak terlalu jauh dengan perawatan modern yang serba mahal. Hanya itu saja kah tips kecantikan dan perawatan? Tentunya tidak! Karena kecantikan fisik harus diimbangi pula dengan kecantikan yang tumbuh dari dalam atau inner beauty dengan membangun diri anda yang berkepribadian kuat, menyenangkan dan berkarakter, intelektual, ramah serta supel. Dengan demikian, wanita tersebut memiliki nilai lebih yang akan membedakannya dengan wanita lain.

Tentang Kecantikan & Penuaan

Menjadi tua, tentunya merupakan hal yang harus dialami oleh semua orang. Ada banyak teori yang menjelaskan proses penuaan, salah satunya adalah Teori Program. Dalam teori ini dijelaskan, bahwa di dalam tubuh manusia terdapat suatu ‘jam biologis‘ yang terus berputar sejak manusia menjadi sel, embrio, janin, kemudian lahir menjadi bayi, masa kanak-kanak, masa remaja, masa dewasa, masa tua dan akhirnya meninggal. Singkat kata, menjadi tua merupakan kodrat yang telah digariskan Tuhan kepada manusia, sesuai dengan ‘jam biologis‘ yang dimilikinya.

Adalah hal yang wajar bahwa setiap manusia akan menjadi tua. Pertanyaannya, bagaimana jika manusia tersebut mengalami penuaan dini? Tentunya tak ada seorang pun yang menginginkannya. Penuaan dini adalah saat tanda-tanda fisik dan psikis dalam tubuh kita jauh melebihi umur yang dimiliki. Misal, walau umur kita masih 30 tahun, namun telah memiliki rambut yang beruban, kulit keriput, atau sudah pikun. Sebelum lebih jauh memahami penuaan dini, cermati terlebih dahulu tanda-tanda yang mengiringinya.

Ciri-Ciri Dan Gejala Penuaan Dini

  1. Terdapat uban di rambut
  2. Munculnya bercak hitam pada wajah (age spot)
  3. Tekstur kulit menjadi kasar dan kering
  4. Pori-pori kulit membesar
  5. Kulit keriput, kendur dan berkerut
  6. Adanya lingkaran hitam dan kantung di bawah mata
  7. Kualitas penglihatan menurun
  8. Gigi menjadi rapuh
  9. Payudara mengendur
  10. Mengalami osteoporosis (pengeroposan tulang)
  11. Perut dan lengan membesar karena adanya penumpukan lemak
  12. Bokong melorot
  13. Kelebihan berat badan
  14. Terganggunya siklus tidur
  15. Tubuh mudah lelah
  16. Sulit memulai kegiatan, bahkan saat pagi hari sekalipun

Setelah mengenal apa saja yang menjadi tanda penuaan dini, lantas faktor apa saja kah yang berpotensi menyebabkan penuaan dini?

Faktor Penyebab Penuaan Dini

Terkena paparan sinar matahari. Menurut American Academy of Dermatology, paparan sinar matahari bisa menyebabkan kulit menjadi keriput. Terkena sinar matahari terlalu lama dan terlalu sering dapat menyebabkan DNA kulit dalam membran sel menjadi rusak. Akibatnya, elastisitas kulit pun ikut rusak.
Terkena polusi udara dan radikal bebas. Tentu polusi udara begitu mudah kita jumpai, terutama bagi yang hidup di kota besar dengan kepadatan lalu lintas akan mempengaruhi kecantikan anda. Terlalu sering terkena polusi udara bisa menyebabkan penumpukan radikan bebas dalam tubuh. Radikal bebas akan menyebabkan kulit kehilangan kolagen dan elastisitasnya sehingga kekuatannya menjadi berkurang. Selain itu, polusi akan menyebabkan gangguan penglihatan, misalnya mata perih.

Kurang olahraga. Olahraga memiliki peranan penting bagi kesehatan dan penampilan. Dengan berolahraga, kalori dan timbunan lemak dalam tubuh akan terbakar dan keluar dari tubuh melalui proses metabolisme berupa keringat. Jadi dengan jarang berolah raga, timbunan lemak akan semakin tinggi, akibatnya badan bisa menjadi gemuk dan beresiko besar terkena beragam penyakit.

Terlalu sering mengkonsumsi gula dalam jumlah yang besar. Jumlah gula yang terlalu besar tidak baik untuk tubuh. Selain beresiko mengundang penyakit diabetes, gula juga mempercepat penuaan  dini. Keberadaan gula berlebih akan menyebabkan kerusakan pada molekul protein dalam kulit. Akibatnya kulit akan mudah terkena iritasi dan mudah keriput.
Mengkonsumsi alkohol. Selain tidak baik untuk kesehatan, juga bisa mempercepat penuaan dini. Alkohol akan menyebabkan penyusutan volume pada otak, akibatnya bisa membuat seseorang mudah lupa, serta mempercepat kepikunan.

Merokok. Merokok bisa menyebabkan penuaan dini sebab dapat mengurangi kolagen pada kulit. Rokok juga menurunkan aliran darah serta menghambat sirkulasi oksigen dan nutrisi ke sel-sel kulit, akibatnya kulit menjadikusam dan timbul bintik-bintik cokelat. Selain itu, rokok juga bisa menyebabkan penyusutan pada otak yang membuat seseorang menjadi cepat pikun.
Pikiran tidak tenang. Ada beragam pikiran tidak tenang yang selalu merongrong kehidupan, bisa berupa sering marah-marah, emosi, stress, hingga depresi. Sadar ataupun tidak, ini bisa mempercepat penuaan dan beresikut besar mendatangkan penyakit seperti darah tinggi, jantung koroner dan diabetes.

Terlalu sering mengkonsumsi makanan berlemak tinggi. Tentu saja cukup akrab di telinga kita, lemak berlebih bisa membahayakan tubuh. Beberapa penyakit kronis disebabkan dari berlebihnya lemak, misalnya saja hipertensi, jantung koroner, diabetes hingga kanker. Untuk itu, segera hindari konsumsi makanan berlemak terlalu sering agar anda bisa menikmati indahnya kesehatan hingga masa tua sekalipun.

Demikian beberapa hal yang memicu terjadinya penuaan dini. Menjadi tua tentunya sudah merupakan kodrat semua makhluk hidup, termasuk manusia. Namun sekali lagi, tentu tak ada yang ingin terkena penuaan dini. Sebab, selain menjadikan penampilan tidak percaya diri, hal ini terkadang bisa menghambat beragam aktivitas yang anda jalani. Untuk itu, hindarilah faktor-faktor pemicu terjadinya penuaan dini selagi masih mampu. Lakukanlah olahraga secara rutin, tidur cukup, minum air putih cukup dan pastikan pola makan yang dilakukan sehat, dan yang paling terakhir perbanyaklah makan buah dan sayuran. Sebab, dalam sayur dan buah terdapat zat-zat yang baik untuk kesehatan kulit seperti vitamin A (menjaga kesehatan dan kehalusan kulit), vitamin B1 dan Niasin (mencegah kerusakan kulit), Vitamin B6 (mencegah kulit kering), vitamin C (membuat kulit halus), vitamin D (mencegah kesehatan kulit).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel