Coba Tabata Workout Olahraga Jepang Untuk Turunkan Berat Badan Dengan Cepat

Olahraga ala jepang untuk turunkan berat badan dengan cepat

Menurunkan berat badan dengan cepat latiahan olah raga jepang
Tabata Workout

Mau menurunkan berat badan dengan cepat dan efektif? HIIT bisa menjadi pilihan Anda. Salah satu jenisnya adalah Tabata Workout yang berasal dari Jepang

Sudah pernah dengan High-Intensity Interval Training? High-Intensity Interval Training (HIIT) adalah olahraga yang dirancang untuk meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak di tubuh. Latihan ini juga bisa membantu meningkatkan perkembangan serabut otot cepat (fast twitch fiber) yang banyak dipakai oleh atlet non ketahanan (non endurance) untuk meningkatkan memori otot (muscle memory), serta kecepatan dan power. Tabata Workout adalah salah satu jenis HIIT yang sedang populer di dunia dan berasal dari Jepang. 

Pertama kali ditemukan oleh Prof. Izumi Tabata dari Ritsumeikan University ditahun 1996, Tabata Workout dianggap menjadi salah satu latihan olahraga yang praktis dan memberikan hasil yang efektif dalam waktu singkat.

Hanya empat Menit

Tabata Workout terdiri dari beberapa sesi latihan yang dilakukan dalam waktu yang sangat singkat, yaitu 4 menit saja. Namun jangan salah, walau waktu yang diperlukan sangat singkat, tapi dampak bagi tubuh sangat lah signifikan. Dalam waktu empat menit tersebut Anda dapat meningkatkan kapasitas aerobik, anaerobik, resting metabolic rate (RMR), juga mampu membakar lemak lebih banyak dibanding olahraga aerobik selama satu jam!

Anda harus coba Tabata Workout

Tabata Workout dapat dilakukan dengan banyak jenis dan alat bantu. Anda dapat mencoba push up, plank, squat, hingga angkat beban. Penting sekali untuk diingat bahwa Anda diharuskan untuk melakukan sesi latihan sebanyak empat kali dalam Tabata Workout. Untuki referensi bagi Anda yang baru ingin mencoba, cobalah olahraga dasar untuk Tabata Workout berikut ini:


  • Push Ups
  • Squats
  • Medicine Ball Slams
  • Jumping Rope



Cara Melakukan Tabata Workout


Lakukan push up selama 20 detik, lalu beristirahatlah selama 10 detik. Kemudian lanjutkan dengan 20 detik squat, ulangi istirahat 10 detik. Setelah itu lakukan ball slams selama 20 detik, dan beristirahat. Dan yang terakhir adalah 20 detik jumping rope, kemudian istirahat. Setelah itu, ulangi siklus gerakan tersebut hingga 8 kali (hingga 16 menit).

Penting!lakukan lah pemanasan sebelum melakukan Tabata Workout,untuk menghindari cedera

Manfaat Tabata Workout

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Prof. Izumi Tabata sebagai penemu olahraga ini, ternyata Tabata Workout terbukti mampu meningkatkan daya tahan tubuh (endurance). Olahraga ini dapat mengajarkan tubuh kita untuk menoleransi asam laktat yang menyebabkan pegal dan kaku pada otot.

Tak hanya itu,saat kita melakukan olahraga HIIT, maka metabolisme pun meningkat sehingga tubuh kita pun akan tetap membakar lemak hingga 24 jam setelah Tabata Workout selesai dilakukan. Oleh sebab itu, Tabata Workout adalah pilihan yang paling efektif untuk menurunkan berat badan baik dari segi waktu dan juga hasil.

Apakah Ada Efek Sampingnya?

Karena Waktu yang dibutuhkan singkat, dan hasil yang dijanjikan juga tergolong sangat signifikan, muncul berbagai pertanyaan “Apakah ada efek sampingnya?”

Jawabannya adalah, tentu ada. Mual, pusing, mata berkunang-kunang, hingga masuk angin bisa menjadi efek samping yang kamu rasakan setelah melakukan Tabata Workout untuk pertama kali hingga paling tidak 4-5 kali latihan.

Mengapa?

Tabata Workout merupakan jenis HIIT yang membutuhkan latihan secara terus menerus supaya tubuh terbiasa dengan laju latihan.

Karena waktu yang relatif singkat dan porsi latihan yang berat, maka saat melakukan gerakan dapat menjadi ‘neraka’ Buat  Anda yang baru pertama kali melakukannya. Tabata Workout juga dapat terasa terlalu berat bagi beberapa orang.

Risiko cedera pun lebih besar karena didesain untuk waktu singkat tapi hasilnya sangat signifikan. Oleh karena itu, minimalisasikan risiko dengan selalu melakukan pemanasan sebelum latihan.

Stres juga dapat terjadi karena mental yang belum siap, oleh karena itu, jangan pernah coba-coba untuk melewatkan istirahat 10 detik setelah setiap gerakan karena dapat mengakibatkan stres akibat kelelahan dan kebosanan.

Lakukan dengan konsisten, latihan ini terbukti mampu menurunkan berat badan dengan efektif.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel