Cara Menghilangkan Ketombe

Cara mudah menghilangkan ketombe

gejala dan cara menghilangkan ketombe dengan mudah
cara menghilangkan ketombe

Ketombe yang merupakan gangguan dari kesehatan kulit kepala ini memang cukup meresahkan dan merepotkan. Ketombe yang disebut juga sebagai sindap dan kelemumur dengan nama ilmiah Pityriasis capitis yang merupakan pengelupasan yang terjadi di kulit kepala yang disebabkan dari sel kulit mati yang berlebihan di sekitar kulit kepala.

Pengelupasan dari sel-sel kulit mati ini merupakan kejadian yang lumrah dan biasa terjadi pada setiap orang apabila pengelupasan sel-sel kulit mati pada kepala dalam jumlah yang sedikit. Namun keadaan akan berbeda apabila pengelupasan sel kulit mati pada kulit kepala terjadi terus menerus, menimbulkan rasa gatal yang luar biasa pada kulit kepala, membuat kulit kepala menjadi merah, konsultasikan pada ahli atau pakar kesehatan rambut.

Namun dari banyaknya kasus yang tejadi, umumnya ketombe dapat disembuhkan dan diatasi hanya menggunakan shampoo yang cocok yang menurut selera dan keinginan dari masing-masing orang. Dipasaran banyak shampoo yang dijual dengan berbagai macam merk yang dapat menghilangkan ketombe dsb. Ketombe terjadi kemungkinan disebabkan oleh adanya bakteri staphylococcus aureus dan streptococcus. Infeksi dari bakteri tersebut merupakan resiko terbesar dari timbulnya ketombe. Kemudian berdampak negatif pada keadaan sosial dan lingkungan, yakni hilangnya kepercayaan diri.


Gejala dan Faktor Resiko Dari Ketombe


Ketombe adalah pengelupasan sel-sel kulit mati yang terjadi di kulit kepala berupa serpihan-serpihan atau butiran kecil yang berwarna putih. Ketombe pastinya dapat membuat seseorang itu resah dan dapat mengganggu penampilan dan kesehatan kulit kepala.

Ketombe pastinya memunculkan gejala-gejala dan faktor resiko, seperti :

1. Serpihan / Sisik

Serpihan / sisik merupakan tanda yang paling mudah terlihat dan muncul di luar kulit kepala serta menempel pada helaian rambut. Ketombe yang berupa serpihan atau sisik juga dapat diartikan sebagai awal mula terjadinya kerontokan rambut saat terjadi pengelupasan sel-sel kulit mati yang terlalu cepat. Serpihan atau sisik yang berwarna putih dengan berbagai ukuran dan bentuk yang tedapat di sekitar kulit kepala dan terkadang menempel pula di helaian rambut mudah terlihat apabila mengenakan pakaian hitam saat ketombe jatuh. Banyaknya ketombe yang jatuh dan mudah dilihat ini merupakan bagian dari pengelupasan sel-sel kulit mati dalam jumlah yang cukup besar yang kemudian disebut ketombe. Pengelupasan dan pergantian sel-sel di kulit kepala memang tidak dapat dilihat oleh mata telanjang, namun proses pengelupasan dan pergantian sel-sel kulit yang sudah mati di sekitar kulit kepala akan mudah dirasakan, seperti timbul rasa gatal, rambut mudah lengket dsb.

2. Timbul rasa gatal

Pengelupasan atau pergantian dari sel-sel kulit mati di sekitar kulit kepala akan menimbulkan rasa gatal yang luar biasa. Rasa gatal ini disebabkan oleh adanya jamur dan bakteri yang keluar bersamaan saat pengelupasan terjadi, yakni jamur Pityrosporum Ovale, jamur inilah yang memainkan peranan timbulnya ketombe dan rasa gatal di kulit kepala. terkadang tanpa disadari pula kita sering menggaruk kepala dan membuat kulit kepala mengalami peradangan dan iritasi yang semakin mempermudah pengelupasan sel-sel kulit mati menjadi lebih berkembang.

3. Kulit kepala menjadi kemerahan

Setelah rasa gatal yang terjadi akibat ketombe, kemudian dengan digaruk akan menimbulkan kemerahan di kulit kepala, kemerahan di kulit kepala ini dapat dilihat dengan bantuan orang lain untuk melihat kulit kepala kita. Tanda kemerahan di kulit kepala ini disebabkan karena aksi menggaruk dengan tangan yang berlebihan karena dari rasa gatal yang ditimbulkan kemudian membuat kulit kepala menjadi kemerahan dan terkadang terasa perih atau bahkan sampai terluka. Kondisi kemerahan di kulit kepala juga dapat dilihat di sekitar alis mata, pipi, belakang telinga atau bagian dada.

Ketombe yang terjadi akibat pengelupasan sel-sel kulit mati, pastinya akan menimbulkan faktor resiko yang dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti :

1. Usia

Umumnya ketombe mudah terjadi pada siapa saja, namun biasanya ketombe muncul ketika seseorang berusia muda, namun tak berarti juga mereka yang sudah berusia lanjut tidak memiliki ketombe. Pada beberapa orang yang bermasalah dengan ketombe akan berlangsung dalam waktu yang cukup lama.

2. Laki-laki

Pria memiliki ketombe yang dengan faktor resiko yang lebih tinggi dibanding dengan wanita. Menurut suatu penelitian dari para ilmuwan berpendapat bahwa hormon pria lebih besar dibanding wanita sehingga memiliki kemungkinan timbulnya ketombe lebih banyak. Pria memang banyak memproduksi kelenjar minyak di kulit kepala dan pertumbuhan rambut lebih cepat sehingga memungkinkan timbulnya ketombe.

3. Kulit kepala dan rambut berminyak

Kelenjar minyak juga diproduksi di kulit kepala. Malassezia memakan minyak pada kulit kepala, sehingga minyak pada kulit kepala dan rambut secara berlebihan yang dapat memunculkan ketombe lebih cepat.

4. Karena diet yang salah

Jika anda sedang menjalani program diet, mungkin program diet yang anda lakukan salah. Diet bukanlah mengurangi asupan makanan dan nilai nutrisi dan gizi yang penting bagi tubuh. Jika tubuh kekurangan sumber nutrisi dan gizi penting, tentunya akan memudahkan kulit kepala mengalami pengelupasan sel-sel kulit lebih cepat dari biasanya. Hal ini dikarenakan oleh kulit kepala dan rambut membutuhkan nutrisi dan gizi yang sama seperti halnya tubuh. Normalnya pengelupasan sel-sel kulit mati terjadi dalam waktu 4 minggu sekali.


Cara Menghilangkan Ketombe


Cara Menghilangkan Ketombe – Ketombe merupakan serpihan dari kulit kepala, ada nya kulit kepala yang mengelupas dengan jumlah yang banyak yang akan menyebabkan ketombe. Ada nya ketombe akan menyebabkan rambut bisa di penuhi oleh ketombe sehingga rambut akan terlihat seperti kotor. Rambut yang terlihat kotor karena ketombe bisa menyangkut pada helai rambut maka dari itu warna rambut yang hitam dan ketombe yang memiliki warna yang putih akan mudah terlihat dari luar dengan mudah. 

Ada nya ketombe bisa terjadi karena di sebabkan oleh kulit kepala yang rontok, sel kulit kepala yang akan rontok akan menyebabkan kulit kepala akan terlihat kotor karena terlepas nya atau mengelupas nya kulit kepala. Kulit kepala yang mengelupas karena di sebabkan oleh sel kulit mati karena terbentuk nya sel kulit yang baru lebih cepat. Ada nya ketombe bisa terjadi juga karena di masalah pada kulit kelapa yang lain dari pada yang lain sehingga mengelupas nya kulit kepala lebih cepat.


Ada nya ketombe bisa di sebabkan oleh sel kulit mati yang mengelupas, karena jika sel kulit mati tidak mengelupas dengan cepat dan juga dengan jumlah yang banyak tidak akan menyebabkan kulit kepala mengelupas atau kepala yang akan berketombe. Sel kulit kepala yang mengelupas yang menyebabkan kepala berketombe juga ada pemicu nya. salah satu pemicu nya karena di sebabkan oleh kotor nya rambut dan kulit kepala, karena kulit kepala yang kotor tidak baik juga untuk kesehatan kulit kepala sehingga menyebabkan kulit kepala berketombe. 

Pemicu dari kulit kepala yang berketombe bisa terjadi karena di sebabkan oleh jamur, jamur juga bisa ada di kulit kepala. Ada nya jamur di kulit kepala bisa menyebabkan infeksi. Infeksi pada kulit kepala akan menyebabkan penderita nya akan mengalami masalah pada kulit kepala sehingga akan menyebabkan kulit kepala berkotembe karena infeksi jamur. Penyebab terjadi nya kulit berketombe pun bisa terjadi karena di sebabkan oleh kulit kering di bagian kepala juga.


Cara Menghilangkan Ketombe dengan Bahan Alami

Ketombe yang ada banyak di kulit kepala dan mengganggu, bisa di sebabkan oleh ada nya infeksi pada kulit kepala. Kulit kepala mengelupas dan menyebabkan kulit berketombe bisa terjadi karena di sebabkan oleh ada nya kondisi lingkungan yang memiliki cuaca terlalu kering seperti cuaca yang terlalu dingin atau pun cuaca yang terlalu panas akan menyebabkan kulit berketombe juga. kulit kelola yang banyak ada ketombe nya pun bisa terjadi akibat kulit berminyak, kulit kelola bisa berminyak karena di sebabkan oleh faktor makanan atau pun dari faktor kurang kebersihan kepala yang tidak di jaga dengan baik. maka dari itu hati hati untuk merawat kulit kepala degan baik.

Rambut atau kepala yang berketombe bisa terjadi oleh orang dewasa dan juga oleh anak bayi yang baru lahir. Namun, berbeda hal nya yang dialami oleh anak bayi, kulit kepala yang berketombe yang dialami oleh anak bayi bisa sembuh atau hilang dengan sendiri nya tanpa melakukan pengobatan khusus. Cara menghilangkan ketombe pada orang dewasa bisa  di lakukan, karena ada cara yang bisa di lakukan untuk menghilangkan banyak ketombe di kulit kepala. Salah satu cara nya bisa dengan menggunakan obat ketombe. Obat ketombe alami bisa di gunakan untuk mengatasi banyak nya ketombe di kulit kepala. Maka dari itu berikut cara menghilangkan ketombe yang bisa di coba :

Jeruk nipis

Cara menghilangkan ketombe pada kulit kepala yang bisa di lakukan salah satu nya bisa dengan menggunakan obat ketombe dari jeruk nipis. Jeruk nipis merupakan bahan alami yang dapat di gunakan untuk membantu untuk menghilangkan banyak nya ketombe pada kulit kepala. Cara menggunakan obat ketombe dengan menggunakan jeruk nipis maka cara nya potongan jeruk nipis bisa dengan di gosokan pada kulit kepala. Maka dari itu obat ketombe alami dari jeruk nipis bisa di gunakan secara teratur untuk membantu menyembuhkan dan menghilangkan ketombe dengan cepat.

Baking soda

Obat ketombe yang bisa di gunakan juga obat ketombe dari baking soda, karena manfaat baking soda bukan hanya bisa untuk mengembangkan bahan makanan saja tetapi baking soda juga bisa di gunakan sebagai cara menghilangkan ketombe. Lakukan cara menghilangkan ketombe dengan baking soda agar bisa memiliki kepala dan rambut yang bersih dan bebas ketombe.

Cuka apel

Bahan alami yang juga bisa menjadi obat ketombe dan sebagai cara menghilangkan ketombe dengan menggunakan cuka apel. Karena cuka apel bisa juga memiliki manfaat untuk mengatas ketombe. Ketombe yang di sebabkan oleh infeksi jamur bisa diatasi juga dengan menggunakan cuka apel. Cuka apel bisa menjadi obat ketombe dengan mengoleskan cuka apel pada kulit kepala.

Minyak almond

Minyak almond bukan hanya bisa menjadi minyak penumbuh rambut yang alami saja, tetapi cara menghilangkan ketombe juga bisa dengan menggunakan minyak almond yang di jadikan obat ketombe yang alami juga. cara menggunakan minyak almond hanya perlu di berikan pada kulit kepala yang terdapat banyak ketombe.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel